Selasa, 28 September 2010

BAHASA GAUL

Bahasa gaul Debby sahertina

Contoh bahasa gaul Debby Sahertina :

Ratna : bow..bow.. bangu bangun. Katanya tinta mawar tinjauan.

Exel : aduh, kawanua gangga or ganda anjas sih. Lagi ending tinjauan nih.

Ratna : habisan, kawnua Malaysia amat sih. Tinjauan melulu.

Exel : panasonik begindang, paling ending tinjauan, lagi. Mawar apipa lagi,maen?

Ratna : yeh .. kalau begitu ikatan tidore deh

Yang artinya :

Ratna : Bow.. bow.. bangun – bangun katanya nggak mau tidur.

Exel : aduh. Kamu ganggu orang aja sih. Lagi enak tidur nih

Ratna : abisnya kamu males banget sih. Tidur melulu.

Exel : panas begini paling enak tidur. Mau apalagi, maen ?

Ratna : yah, kalau begitu ikut tidur aja deh.

Bahasa gaul facebook

LEBAY :
Merupakan hiperbol dan singkatan dari kata “berlebihan”. Kata ini populer di tahun 2006an. Kalo tidak salah Ruben Onsu atau Olga yang mempopulerkan kata ini di berbagai kesempatan di acara-acara di televisi yg mereka bawakan, dan biasanya digunakan untuk “mencela” orang yang berpenampilan norak.

JAYUS :
Saya tadinya mengira kata ini merupakan singkatan, namun setelah saya telusuri, ternyata bukan. Arti sebenarnya adalah lawakan atau tingkah laku yang maunya melucu tapi tidak lucu.
Istilah Jayus populer di tahun 90an dan masih sesekali digunakan di masa kini. Dari cerita mulut ke mulut, konon ada seorang anak di daerah Kemang bernama Herman Setiabudhi yang kerap dipanggil Jayus oleh teman2nya. Jayus sendiri adalah nama ayah dari Herman (lengkapnya Jayus Kelana) yang seorang elukis di kawasan Blok M. Herman alias Jayus terkenal sebagai anak yang sering melawak tapi lawakannya kerap kali tidak lucu.

MENEKETEHE :
Kata ini sebenarnya berasal dari kata “Mana Kutahu” dan diplesetkan oleh Tora Sudiro sekitar awal tahun 2000an, di acara Extravaganza TransTV. Istilah itu cukup populer dan saat ini cukup sering digunakan orang.

LOL :
Kata ini belakangan ini sering dipakai, terutama dalam komunikasi chatting, baik di YM, FB, Twitter, atau pun komunitas yang lain. Kata itu merupakan singkatan dari Laugh Out Loud yang berarti “Tertawa Terbahak-bahak”.

AJIB :
Artinya Enak, Asyik, atau Klabing. Kata ini mulai populer di tahun 90an tatkala musik trance dan narkoba jenis shabu2 baru mulai populer. Kata ini biasanya digunakan oleh para penikmat kedua hal itu. Istilah ini diambil dari suara hentakan tempo musik trance yang kalo didengar dengar teliti memang terdengar seperti “Ajib, ajib…. ajib, ajib….”.

Jadi, perbedaan bahasa gaul debby sahertian dengan bahasa gaul facebook :

1. bahasa gaul debby sahertian lebih sulit untuk dibaca dan diartikan sedangkan bahasa gaul facebook mudah dibaca dan dimengerti.

2. bahasa gaul debby sahertian popular pada tahun 1999 jadi terasa asing di dengar sedangkan bahasa gaul facebook lagi tren sehingga tidak asing dikuping.

2 komentar:

adaaaa.. cari saja di buku-buku bekas.

Posting Komentar

Recent Comments

Introduction

Recent Posts

My Profile

Foto saya
Nama Saya Adalah Roro Bunga, biasa dipanggil bubung, roro, bungjoy,unge. Gw orangnya Simple, ga usah Dibawa Ribet. THIS IS MY LIFE!!

Followers

Cari

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More